Sosialisasi dan Promosi UPT Perpustakaan terhadap Mahasiswa Baru Polsri tahun akademik 2016/2017

Pengunjung, anggota dan pengguna perpustakaan merupakan sasaran utama penyelenggaraan perpustakaan. Pada dasarnya masyarakat baru akan mau ke perpustakaan jika mereka tahu arti dan manfaat perputakaan, mereka membutuhkan sesuatu di perpustakaan, tertarik dengan perpustakaan, merasa senang dengan perpustakaan, dilayani dengan baik. Untuk samapai kepada kondisi seperti ini maka perpustakaan harus melakukan berbagai upaya seperti melakukan pemasyarakatan, publikasi, promosi, pendekatan dan melayani keinginan dan kebutuhan pemakai.

Promosi perpustakaan perlu dilakukan supaya seluruh aktivitas yang berhubungan dengan jasa perpustakaan dapat diketahui dan dipahami oleh pengguna.

Kepala UPT Perpustakaan Ibu Hj. Nelli Lingga Yunara, S.Pd.,M.M. dan Moderator Bapak Indra Satriadi, S.T.,M.Kom.
Kepala UPT Perpustakaan Ibu Hj. Nelli Lingga Yunara, S.Pd.,M.M. dan Moderator Bapak Indra Satriadi, S.T.,M.Kom.

 

Pada tanggal 23 Agustus 2016 POLITEKNIK Negeri Sriwijaya (POLSRI) melaksanakan kegiatan Pengenalan Sistem Pendidikan Tinggi (SisDikti) sekaligus melantik secara resmi mahasiswa baru Tahun Akademik 2016/2017 dalam sidang senat khusus terbuka bertempat di Graha Pendidikan dan Gedung Fasilitas Umum Polsri. Kegiatan perkenalan SISDIKTI ini merupakan bagian dari prosesi pelaksanaan Diksarlin bagi mahasiswa baru Polsri.

Pada kesempatan ini, UPT Perpustakaan Polsri kembali diberi kesempatan untuk mensosialisasikan dan mempromosikan UPT Perpustakaan Polsri kepada Mahasiswa Baru tahun akademik 2016/2017. Sosialisasi dan Promosi tersebut disampaikan oleh Kepala UPT Perpustakaan Ibu Hj. Nelli Lingga Yunara, S.Pd.,M.M. dengan didampingi oleh Moderator Bapak Indra Satriadi, S.T.,M.Kom. dan diikuti oleh seluruh mahasiswa baru sebanyak 2160 orang.

DSC01106
DSC01108 Mahasiswa Baru saat mendengarkan paparan

Hal ini dilakukan guna memberikan informasi tentang keberadaan dan gambaran UPT Perpustakaan Polsri seperti lokasi, layanan, koleksi, jam layanan, fasilitas, keanggotaan dan manfaat Perpustakaan bagi Mahasiswa serta Kenyamanan yang akan diterima oleh pengguna.

Manfaat Promosi merupakan salah satu komponen pemasaran, dengan mempromosikan kelembagaan, koleksi, sistem dan jenis pelayanan, maka terjadilah proses pendekatan informasi kepada pengguna. Pengguna menjadi tahu koleksi apa yang ada, pelayanan apa saja yang tersedia, sedangkan yang belum tahu atau tahu tapi belum pernah memanfaatkan jasa layanan akan mengenal kemudian tertarik untuk datang atau memanfaatkan, sehingga pengunjung bertambah, pemakaian bahan pustaka ataupun jasa layanan perpustakaan semakin tinggi. Seperti inilah harapan yang diinginkan.

Ibu Hj. Nelli Lingga Yunara, S.Pd.,M.M. saat paparan
Ibu Hj. Nelli Lingga Yunara, S.Pd.,M.M. saat paparan

DSC01111Peranan promosi di dalam memperkenalkan UPT Perpustakaan kepada Mahasiswa Baru tidak terbatas hanya sekedar memberi informasi, tetapi juga mendidik dan menghibur, untuk itu dalam melakukan kegiatan promosi Tujuan utama adalah To inform yaitu memberitahukan sesuatu yang tidak di ketahui sebelumnya, To Influence yaitu mempengaruhi pemustaka agar datang ke perpustakaan, To Persuade yaitu membujuk/merayu pemustaka untuk melakukan kegiatan di perpustakaan.

Selain dari yang disebutkan di atas, Promosi UPT Perpustakaan terhadap Mahasiswa Baru memiliki tujuan sebagai berikut :

Memperkenalkan fungsi perpustakaan .

Mendorong minat baca dan mendorong mahasiswa agar menggunakan koleksi perpustakaan semaksimalnya dan menambah jumlah orang yang gemar membaca.

Memperkenalkan pelayanan dan jasa perpustakaan.

memberikan kesadaran masyarakat akan adanya pelayanan perpustakaan dan menggunakannya. [NLY]

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *