BUKU SUMBANGAN ALUMNI

Alumni menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah orang-orang yang telah mengikuti atau tamat dari suatu sekolah atau perguruan tinggi. Sedangkan alumnus menurut kamus yang sama mempunyai pengertian orang yang telah mengikuti atau tamat dari suatu sekolah atau perguruan tinggi. http://kamusbahasaindonesia.org/

Untuk memberikan kenang-kenangan kepada adik-adik tingkat, biasanya alumnus menyumbangkan sebuah buku untuk perpustakaan di jurusan atau perpustakaan pusat di tempat alumnus tersebut mengenyam pendidikan.

Alumni Bari 2016 saat menyumbang Buku
Alumni Bari 2016 saat menyumbang Buku

Sejak tahun 2014, di UPT. Perpustakaan Politeknik Negeri Sriwijaya bekerja sama dengan beberapa penerbit, seperti Erlangga, Salemba Empat dan Rajagrafindo Persada (Rajawali Pers) mengadakan konsinyasi buku untuk pelaksanaan kegiatan sumbangan buku alumni.  Adapun tujuan dari konsinyasi tersebut adalah :

  1. Untuk mempermudah alumnus menyumbang sebuah buku untuk UPT. Perpustakaan ;
  2. Dapat memenuhi kekurangan buku sesuai dengan Program Studi atau Jurusan masing-masing alumnus ;
  3. Syarat bebas administrasi untuk pengambilan ijazah alumnus.
Salah satu buku sumbangan Almni 2016
Salah satu buku sumbangan Almni 2016
Nama Alumni yang menyumbang
Nama Alumni yang menyumbang

Pada waktu menyumbang buku, alumnus akan menulis Nama mereka, Nomor Induk Mahasiswa (NIM), dan tanda tangan di buku yang mereka sumbang. Tentu saja hal ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi alumni karena saat adik-adik tingkat membutuhkan buku dan meminjamnya dari UPT. Perpustakaan, mereka akan melihat bahwa buku yang dipinjam adalah sumbangan dari kakak tingkat mereka.

Alumni Menyumbang Buku tahun 2016
Alumni Menyumbang Buku tahun 2016

Adapun buku sumbangan alumni yang diterima oleh UPT. Perpustakaan tahun 2014 adalah 351 judul 441 examplar, dan tahun 2015 adalah 192 judul 502 examplar, sedangkan tahun 2016 sampai dengan per 31 Agustus 2016 adalah 138 judul buku 381 examplar.

Setidaknya dengan adanya sumbangan buku dari alumni dapat memberikan kontribusi yang sangat berarti bagi kemajuan sebuah perpustakaan. Seperti saat ini UPT. Perpustakaan Politeknik Negeri Sriwijaya telah memperoleh Akreditasi B dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas).  Mudah-mudahan beberapa tahun kedepan UPT. Perpustakaan Politeknik Negeri Sriwijaya diharapkan dapat mencapai Akreditasi A dengan tercapainya salah satu komponennya yaitu jumlah koleksi dengan pencapaian komponen dan bobot indikator versi Perpusnas, yaitu :

Komponen Jumlah indikator kunci Bobot tiap indikator kunci Skor minimal Skor maksimal
Koleksi 12 2 24 120

Sumber : Akreditasi (Akreditasi, 2010)

https://sulistyobasuki.wordpress.com/2013/10/27/akreditasi-perpustakaan-perguruan-tinggi/

Demikian, semoga tulisan ini dapat membuka pandangan kita mengenai pentingnya peningkatan koleksi buku di sebuah perpustakaan terutama perpustakaan perguruan tinggi. [TH]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *