Penempatan Koleksi

Penempatan Koleksi

Untuk lebih mendayagunakan koleksi, maka diperlukan adanya suatu pengaturan penempatan koleksi agar dapat memberikan nilai fungsi praktis dan efisien, penempatannya sebagai berikut:

1. Buku

  • Buku Tandon (Reserve Books), ditempatkan di lemari khusus, buku ini hanya terdiri dari satu samapi dua eksemplar dari setiap judul. Koleksi ini hanya boleh dibaca di tempat (tidak dipinjamkan).
  • Buku Pinjaman/Sirkulasi, buku ini ditempatkan di ruang rak. Dimungkinkan karena eksemplarnya lebih dari satu, maka dapat dipinjamkan dengan prosedur dan persyaratan yang telah diatur dalam tata tertib dan prosedur peminjaman.
  • Baik buku tandon maupun buku pinjaman penempatannya disusun menurut kelas/subyek.

2. Laporan Akhir

  • Koleksi Laporan Akhir Mahasiswa dalam bentuk CD (Compack Disk) ditempatkan di lemari khusus, penggunaannya sangat terbatas dengan persyaratan tertentu. Penyusunan Koleksi ini berdasarkan Program studi. Koleksi lain berupa Hard Copy diletakan di rak hanya dapat dibaca ditempat, tidak dapat dipinjam.

3. Laporan Penelitian

  • Koleksi laporan penelitian dosen ditempatkan di rak. Koleksi ini hanya untuk dibaca ditempat dan dapat di foto kopi. Pengerakannya disusun menurut Program Studi dan kemudian berdasarkan subyeknya

4. Koleksi Rujukan (Referensi)

  • Koleksi rujukan ditempatkan di rak khusus, pemanfaatannya hanya dibaca ditempat, dan tidak boleh dipinjam hanya dapat difoto kopi. Koleksi ini disusun menurut jenis disertai kelas/subyek

5. Koleksi Majalah/Jurnal

  • Koleksi majalah/jurnal dapat dibaca. Koleksi tersebut hanya dapat dibaca ditempat tidak dapat dipinjam dibawa pulang kecuali untuk difoto kopi. Penyusunannya menurut abjad judul. Majalah baru ditayangkan (di display) dan majalah yang sudah lengkap nomornya dibendel/dijilid serta ditempatkan di rak yang sama. Pada ruang majalah ini dapat pula dibaca surat kabar lama yang sudah dibendel

6. Koleksi jurnal on-line

  • Koleksi Jurnal yang ada adalah portal jurnal yang tersedia di Politeknik Negeri Sriwijaya. Jurnal tersebut terdiri dari jurnal institusi dan juga jurnal pada setiap jurusan/prodi, yaitu Teknika, Pilar, Austenit, Eksistensi, Teliska, Kinetika, Orasi Bisnis, Jupiter, Holistics, Manajemen Informatika, Kinetika dan Teknik Energi. Portal jurnal tersebut dengan link jurnal.polsri.ac.id
  • Selain itu UPT Perpustakaan Polsri juga melanggan jurnal on-line melalui Dikti yaitu dengan link e-journal.dikti.go.id dan Garuda Dikti.

7. Koleksi digilib on-line

  • Perpustakaan Polsri memiliki Koleksi Laporan Akhir Mahasiswa secara on-line untuk bidang ilmu Teknik Sipil, Tenik Mesin, Teknik Elektro Program Studi Teknik Listrik, Teknik Elektro Program Studi Teknik Elektronika, Teknik Elektro Program Studi Teknik Telekomunikasi, Teknik Kimia, Teknik Energi, Teknik Komputer, Akuntansi, Administrasi Bisnis, Manajemen Informatika, Bahasa Inggris.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *