PEMBEKALAN ALUMNI

Dunia kerja, kalimat yang tidak asing lagi bagi mahasiswa alumni atau mahasiswa semester akhir yang akan menamatkan kuliahnya. Memang, tujuan akhir dari proses perkuliahan adalah memperoleh ijazah yang akan digunakan untuk melamar kerja. Meskipun selain bekerja di sebuah perusahaan, ada juga  alumni yang mencoba berwirausaha.

Tetapi, bagaimana prosesnya sehingga seseorang dapat bekerja di suatu perusahaan/lembaga baik itu perusahaan swasta, nasional atau multi nasional ?

Pembekalan Mahasiswa Polsri
Pembekalan Mahasiswa Polsri

Untuk membantu para alumni atau mahasiswa semester akhir agar bisa mengetahui dan memahami proses  memasuki dunia kerja, UPT. Perpustakaan Politeknik Negeri Sriwijaya bekerja sama dengan penerbit Erlangga Group mengadakan Seminar tentang “Panduan Memasuki Dunia Kerja”.  Seminar ini menampilkan pembicara sekaligus pengarang dari buku dengan judul yang sama, yaitu Bapak Drs. Djoko Purwanto, M.B.A. Pembicara adalah seorang tenaga pendidik (dosen) dari UNS (Universitas Sebelas Maret) Solo. Seminar ini diadakan pada hari Selasa, 9 Agustus 2016 di Aula KPA Politeknik Negeri Sriwijaya.

Registrasi Peserta
Registrasi Peserta

Adapun tujuan dari seminar ini adalah persiapan bagi mahasiswa dan alumni  dalam menambah wawasan untuk memasuki dunia kerja, seperti mencari informasi (peluang/karir) yang ada dalam dunia kerja, membuat surat lamaran dan resume (Curriculum Vitae) dan bagaimana cara bersikap dalam suatu wawancara.

Pembukaan Oleh Pembantu Direktur III Bapak Irawan Rusnadi, S.T.,M.T.
Pembukaan Oleh Pembantu Direktur III Bapak Irawan Rusnadi, S.T.,M.T.

Acara ini dimulai pada pukul 09.30 Wib. Dimulai dengan acara pembukaan, yaitu kata sambutan dari Kepala UPT. Perpustakaan Politeknik Negeri Sriwijaya, Ibu Hj. Nelli Lingga Yunara, S.Pd.,M.M.  yang mengharapkan kegiatan seperti ini dapat berlanjut. Kemudian sambutan kedua oleh Pembantu Direktur III (PD III), Bapak Irawan Rusnadi, S.T.,M.T. yang mengharapkan agar mahasiswa dan alumni dapat mengikuti kegiatan ini dan mendapatkan bekal dalam menyiapkan diri untuk memasuki dunia kerja.  “Mudah-mudahan alumni Polsri menjadi alumni yang terbaik dalam persaingan dunia kerja karena ada sebagian alumni yang belum diwisuda sudah diambil menjadi tenaga kerja di suatu perusahaan dengan masa tunggu 0 tahun”, demikian penuturan PD III. Terakhir acara pembukaan ini ditutup dengan do’a yang disampaikan oleh Ahmad Mirad, S.Sos.I.

Peserta Seminar
Peserta Seminar
Peserta Seminar
Peserta Seminar

Seminar ini dibuka oleh moderator dengan membacakan biodata pembicara. Dalam seminar ini dibicarakan mengenai “Panduan Memasuki Dunia Kerja” yang dibagi dalam 3 (tiga) tahap, yaitu Persiapan, Pemberkasan dan Perkenalan.  Tahap Persiapan mengenai pentingnya mengenali kemampuan diri, kelebihan dan kekurangan dan mencari informasi kerja. Tahap kedua, Pemberkasan mengenai penulisan surat lamaran kerja, penyusunan resume (Curriculum Vitae), dan portofolio. Sedangkan Tahap ketiga, yaitu Perkenalan yang berhubungan dengan wawancara kerja, surat balasan (ucapan terima kasih) dan psikotes.

Sesi tanya jawab
Sesi tanya jawab

Selesai pembicara membahas mengenai materi, acara dilanjutkan dengan tanya jawab oleh peserta kepada pembicara. Acara ini dipandu oleh moderator Hj. Nelli Lingga Yunara, S.Pd.,M.M dengan Notulen Trisni Handayani, S.E.

Tanya jawab ini terdiri dari 3 sesi. Sesi pertama dan kedua masing-masing untuk 3 (tiga) pertanyaan.  Dan sesi ketiga diberikan kepada peserta untuk 2 (dua) pertanyaan.

Setiap Penanya diberikan satu buku
Setiap Penanya diberikan satu buku

Selanjutnya diberikan kenang-kenangan (souvenir) sebuah buku “Panduan Memasuki Dunia Kerja” kepada peserta yang mengajukan pertanyaan.  Hasil akhir dari seminar ini adalah bahwa proses memasuki dunia kerja dimulai dari persiapan yang matang, baik itu persiapan membuat lamaran kerja, resume, maupun wawancara (interview).  Sedangkan  aspek mental psikologis seseorang, seperti rasa grogi (gugup) saat interview tidak bisa sesaat dihilangkan tetapi dengan berlatih berbicara mengungkapkan ide, gagasan melalui kelompok diskusi di kelas atau organisasi sehingga dapat menimbulkan rasa keyakinan dan percaya diri seseorang. Semoga tulisan ini bermanfaat. (TH, NLY)

Penyaji Makalah bersama UPT Perpustakaan dan Erlangga Group
Pembicara Bapak Drs. Djoko Purwanto, M.B.A. bersama Kepala UPT Perpustakaan beserta Staf dan Perwakilan Erlangga Group
Panitia dari Mahasiswa
Panitia dari BEM Polsri dan Anggota
Kepala UPT Perpustakaan beserta Staf dan Pembicara Drs. Djoko Purwanto, M.B.A.
Kepala UPT Perpustakaan beserta Staf dan Pembicara Drs. Djoko Purwanto, M.B.A.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *