Cara Mudah Mencari Buku di Perpustakaan

Setiap orang mempunyai buku favorit atau buku kesukaan, baik berupa buku teks (pelajaran, diktat, modul), buku panduan (how to), maupun novel, komik atau nomik (novel-komik) dan antologi (kumpulan dari karya-karya sastra). Bagi mereka yang mempunyai dana lebih dapat membeli buku favorit-nya di toko buku untuk koleksi pribadi, tetapi bagi mahasiswa yang mempunyai keterbatasan dana hanya dapat membaca dan meminjam di perpustakaan. Tetapi, apakah semudah itu mencari buku di sebuah perpustakaan ?  Ada ratusan bahkan ribuan koleksi buku disana. Sebenarnya menemukan sebuah buku yang kita inginkan bukanlah hal yang sulit apabila kita mengetahui caranya. Kadangkala sering kita melihat mahasiswa yang kelihatan bingung untuk mencari sebuah buku, padahal buku-buku di perpustakaan sudah dikelompokkan sesuai dengan kelompoknya masing-masing. Buku (text book) dikelompokkan berdasarkan sistem Dewey (DDC/Dewey Decimal Classification) disusun di dalam rak yang notabene membingungkan buat mahasiswa. Untuk itu sebaiknya sebuah perpustakaan dapat menambahkan petunjuk arah tempat buku di rak disertai keterangan buku-buku yang ada di rak tersebut.

Untuk mempermudah pencarian buku di rak,  UPT. Perpustakaan Politeknik Negeri Sriwijaya menggunakan petunjuk arah yang berguna untuk menunjukkan tempat buku tersebut  diletakkan. Bagi mahasiswa hal ini sangat membantu. Saat memasuki ruangan perpustakaan, mahasiswa diharuskan :

1. Menitipkan tas, jaket laboratorium dan barang-barang bawaan ke tempat penitipan barang (locker)

Petugas di locker
Petugas di locker
Locker
Locker

2. Memasukkan nomor anggota perpustakaan atau nama lengkap (apabila belum menjadi anggota perpustakaan) di komputer pengunjung.

Selanjutnya apabila akan mencari buku dapat melakukan hal-hal sebagai berikut:

a. Menelusuri menggunakan komputer yang telah disediakan

b. Menanyakan langsung ke pengelola/petugas perpustakaan tempat rak buku-buku yang mereka butuhkan

Komputer pengunjung dan pencarian buku
Komputer pengunjung dan pencarian buku
Menyeleksi buku di rak
Menyeleksi buku di rak

c. Langsung menuju rak buku melalui petunjuk arah yang telah ada

Petunjuk arah rak sebelah kiri
Petunjuk arah rak sebelah kiri
Petunjuk arah rak sebelah kanan
Petunjuk arah rak sebelah kanan

Penunjuk arah tersebut dapat diletakkan di tempat yang strategis, seperti dengan cara digantung diatas plafon di dalam ruangan perpustakaan, sehingga saat mahasiswa masuk ke ruang perpustakaan dapat terlihat dengan jelas. Selain itu rak-rak tempat koleksi buku diletakkan, dipasang juga keterangan buku-buku yang terdapat di dalam rak tersebut sehingga secara tidak langsung dapat membantu mahasiswa mencari buku-buku yang mereka butuhkan.

Keterangan buku dan deret rak
Keterangan buku dan deret rak
Keterangan buku-buku dan deret rak
Keterangan buku-buku dan deret rak
Rak-buku Buku
Rak-buku Buku
Rak-rak deret buku
Rak-rak deret buku

Adapun tujuan adanya petunjuk arah dan keterangan buku-buku yang ada di rak adalah  :

  1. Sebagai panduan arah untuk mahasiswa dalam mencari buku yang dibutuhkan.
  2. Memudahkan pengelola perpustakaan (pustakawan) meletakkan kembali buku yang telah dibaca atau dipinjam mahasiswa ke rak sesuai klasifikasi (kelompok).

Selain itu, bagi mahasiswa yang baru pertama kali ke perpustakaan adalah dengan mengamati keadaan sekeliling, dan memperhatikan petunjuk-petunjuk yang dipasang di perpustakaan.

Jadi, alangkah baiknya seorang mahasiswa mengenal baik perpustakaannya sehingga dapat memanfaatkan semaksimal mungkin koleksi buku yang ada di perpustakaannya untuk memperluas wawasan. Dengan mengenal perpustakaannya melalui kunjungan rutin, seperti belajar kelompok (diskusi), membaca, mengerjakan tugas, mereka akan terbiasa dengan lingkungan di perpustakaan dan dengan mudah mencari buku yang mereka butuhkan.

Ditulis oleh : Trisni Handayani, S.E.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *