Memperkenalkan UPT Perpustakaan pada Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2015

Pada hari Sabtu tanggal 8 Agustus 2015, UPT Perpustakaan Politeknik Negeri Sriwijaya berkesempatan memberikan kuliah umum pada acara DIKSARLIN (Pendidikan Dasar Kedisiplinan) Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Sriwijaya Tahun Akademik 2015. Pada acara tersebut diperkenalkan tentang UPT Perpustakaan, baik tentang layanan maupun fasilitas yang dimiliki serta cara menggunakan seluruh fasilitas tersebut.

Mahasiswa Baru sebanyak 2303 orang pada DIKSARLIN 2015 Mengikuti Kuliah Umum yang disampaikan oleh Kepala UPT Perpustakaan Polsri

Kuliah Umum tersebut diikuti oleh 2303 orang Mahasiswa Baru yang terdiri dari Jurusan Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Kimia, Akuntansi, Administrasi Bisnis, Teknik Komputer dan Bahasa Inggris.

Kepala UPT Perpustakaan Ibu Hj. Nelli Lingga Yunara, S.Pd. M.M. didapingi oleh Moderator Bapak Slamet Widodo, S.Kom. M.Kom. dan Notulis Ibu Eka Prihartini, S.T. M.T. pada Kuliah Umum DIKSARLIN 2015

Tujuan dari kuliah umum tersebut yang disampaikan oleh Kepala UPT Perpustakaan Ibu Hj. Nelli Lingga Yunara, S.Pd. M.M. yang saat itu didapingi oleh Moderator Bapak Slamet Widodo, S.Kom. M.Kom. dan Notulis Ibu Eka Prihartini, S.T. M.T., merupakan salah satu bentuk promosi. Promosi perpustakaan tidak mempromosikan produk barang, tapi produk jasa, dalam hal ini adalah jasa informasi. Penyampaian informasi melalui sebuah promosi sangatlah penting karena melalui promosi sebuah pesan akan tersampaikan dari pihak penyampai informasi kepada pihak penerima informasi.

Mahasiswa Baru pada DIKSARLIN 2015 Mengikuti Kuliah Umum yang disampaikan oleh Kepala UPT Perpustakaan Polsri

Salah satu cara yang efektif untuk memasarkan perpustakaan adalah dengan cara promosi yaitu mengenalkan koleksi, dan fasilitas perpustakaan kepada Mahasiswa Baru, sehingga Mahasiswa Baru mengerti akan pentingnya perpustakaan.

Promosi perpustakaan perlu dilakukan supaya seluruh aktivitas yang berhubungan dengan jasa perpustakaan dapat diketahui dan dipahami oleh pemustaka. Promosi merupakan salah satu komponen pemasaran, dengan mempromosikan koleksi, sistem dan jenis pelayanan, maka terjadilah proses pendekatan informasi kepada pemustaka. Pemustaka menjadi tahu koleksi yang tersedia di perpustakaan, pelayanan apa saja yang tersedia, sedangkan yang belum mengetahui atau belum pernah memanfaatkan jasa pelayanan tersebut maka akan mengenal, kemudian tertarik untuk datang dan memanfaatkan, sehingga pengunjung bertambah, pemakaian bahan pustaka ataupun jasa layanan perpustakaan semakin tinggi maka sebagaimana tujuan perpustakaan di dalam menyebarluaskan informasi dapat terwujud.

Peranan promosi di dalam memperkenalkan UPT Perpustakaan kepada Mahasiswa Baru tidak terbatas hanya sekedar memberi informasi, tetapi juga mendidik dan menghibur, untuk itu dalam melakukan kegiatan promosi Tujuan utama adalah To inform yaitu memberitahukan sesuatu yang tidak di ketahui sebelumnya, To Influence yaitu mempengaruhi pemustaka agar datang ke perpustakaan, To Persuade yaitu membujuk/merayu pemustaka untuk melakukan kegiatan di perpustakaan.

Selain dari yang disebutkan di atas, Promosi UPT Perpustakaan terhadap Mahasiswa Baru memiliki tujuan sebagai berikut :

  1. Memperkenalkan fungsi perpustakaan .
  2. Mendorong minat baca dan mendorong mahasiswa agar menggunakan koleksi perpustakaan semaksimalnya dan menambah jumlah orang yang gemar membaca.
  3. Memperkenalkan pelayanan dan jasa perpustakaan.
  4. memberikan kesadaran masyarakat akan adanya pelayanan perpustakaan dan menggunakannya. (NLY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *